Batang lentur (tidak hanya melentur)


Berdasarkan konsep lentur, balok dikatakan sebagai batang yang menerima gaya tarik dan tekan pada kedua sisi penampang batang. Pertanyaan berikutnya adalah, apakah balok hanya menerima gaya lentur saja? Apakah kegagalan balok hanya terjadi akibat lentur?
 
Balok memang menerima gaya lentur dan akan menunjukkan tanda-tanda kehancuran akibat lentur. Pada balok dengan dua tumpuan sederhana, kegagalan lentur terjadi di tengah bentang. Berbeda dengan tumpuan jepit dimana lentur terbesar terjadi pada ujung batang, maka kegagalan lentur dapat terjadi pada lokasi momen maksimum terjadi.

Kegagalan yang terjadi pada balok tidak hanya akibat gaya lentur. Kegagalan lain yang mungkin terjadi berupa kegagalan geser. Kegagalan geser pada balok disebabkan gaya yang bekerja memotong penampang balok secara melintang atau transversal. Gaya yang bekerja tersebut adalah gaya geser, yang bekerja pada balok di lokasi nilai momen minimum sepanjang balok.

Gaya geser menjadi gaya kedua yang bekerja dan mempengaruhi kekuatan balok, sehingga setiap balok pasti akan direncanakan berdasarkan kekuatan/kapasitas lentur dan geser. Kapasitas lentur dan geser dihitung sesuai dengan kapasitas dari material struktur (Beton, Baja, Kayu, dll). Beban lentur dan geser didapatkan dari hasil analisa struktur yang dihitung berdasarkan pembebanan dan jenis struktur.

Jadi, penampang batang lentur tidak hanya akan melentur tetapi akan juga terpotong akibat gaya geser. Kegagalan geser yang terjadi tidak akan berbarengan waktunya dengan kegagalan lentur.
Semoga yang sedikit ini bermanfaat
Wassalamu’alaikum

Komentar