Momen ultimit dan momen nominal (mana yang dipakai)



Jika kita belajar tentang balok, maka dua jenis momen ini sering kita temui. Momen apa saja yang berpengaruh pada balok? Apakah dua momen yang telah disebutkan tersebut berpengaruh pada balok?
Momen ultimit yang tersebut pertama kali, apakah merupakan momen yang paling berpengaruh? Tentu semua momen yang disebutkan di atas merupakan momen yang sama penting terjadi pada balok. Momen ultimit timbul akibat beban dan kombinasi beban yang bekerja pada struktur. Distribusi beban yang bekerja pada balok membebani dalam bentuk gaya lentur. Gaya lentur yang bekerja sepanjang bentang balok biasa disebut sebagai momen lentur atau momen ultimit.



Momen ultimit disebut juga sebagai gaya dalam berupa momen. Momen juga diformulasikan sebagai gaya berbanding dengan jarak (P x l), lalu momen ultimit yang digunakan dalam desain balok dapat berupa momen perwujudan dari gaya dalam hasil analisa struktur. Secara singkat momen ultimit merupakan momen yang bekerja membebani balok dan didapatkan melalui proses analisa struktur.
Momen lain yang penting yaitu momen nominal, dimana momen jenis ini berasal dari kapasitas balok dalam menerima momen ultimit. Kapasitas momen tersebut didapatkan dari jenis material, dimensi, dan kuat material yang tersedia. Secara singkat momen nominal merupakan momen tahanan yang didapatkan dari analisa balok. Balok yang dimaksud dapat berupa balok beton, balok baja maupun balok kayu, sehingga untuk dapat mengetahui besaran momen nominal maka kita harus belajar tentang analisa balok.
Jadi, momen ultimit dan momen nominal sama penting dalam perencanaan balok. Kedua momen dapat dibedakan dari arah gaya masing-masing dimana momen ultimit bekerja kea rah bawah secara gravitasi sedangkan momen nominal bekerja melawannya. Hal terpenting yang harus diketahui bahwa kedua momen dapat dicari dengan mempelajari ilmu mekanika dan struktur.

Semoga yang sedikit ini bermanfaat,
Wassalamu’alaikum

Komentar