Jenis-jenis ujian kuliah

Ada beberapa jenis ujian yang biasanya diberikan kepada mahasiswa selama perkuliahan, di antaranya adalah:
1. Ujian Close Book: jenis ujian ini tidak memperbolehkan mahasiswa mencari jawaban dengan menggunakan alat bantu seperti internet, modul, dan lain-lain. Tips menghadapi ujian jenis ini adalah dengan memperhatikan materi saat kelas dan perbanyak latihan soal.

ilustrasi pelaksanaan ujian


2. Ujian Open Book: jenis ujian ini memperbolehkan mahasiswa mencari jawaban dengan menggunakan alat bantu. Tips menghadapi ujian jenis ini adalah dengan memahami isi dari buku atau modul yang digunakan dan memanfaatkan waktu untuk latihan tanya jawab dengan teman kuliah.

3. Ujian Praktik: jenis ujian ini biasanya berhubungan dengan pengujian skill dengan menggunakan alat atau aplikasi, public speaking, dan lain sebagainya. Tips menghadapi ujian ini adalah dengan lebih sering berlatih praktik agar tidak gugup saat ujian.

4. Tugas Kuliah/Ujian Presentasi: jenis ujian ini memerlukan mahasiswa untuk menyampaikan tugas kuliah atau melaksanakan ujian dalam bentuk presentasi. Tips menghadapi ujian ini adalah dengan mempersiapkan materi dengan baik dan berlatih presentasi.

5. Ujian Tertulis: jenis ujian ini umumnya digunakan saat UTS maupun UAS. Ada dua metode ujian tertulis, yaitu close book dan open book.

6. Ujian Kelompok: jenis ujian ini dikerjakan berkelompok dan biasanya dosen akan memberikan nilai yang sama untuk setiap anggota kelompok.


Komentar